Capwe Deeeh… sebenernya masalah ini cukup simple (setelah tau), cuman lumayan cari2 infonya di om Google sekitar sejam-an… :(. Jadi waktu itu saya lagi cari2 info tentang sistem sistem cache silverstripe, berniat buat meng-advance-kan sistem cache-nya. Tapi, sebenernya silverstripe sendiri dah ada sistem cache built-in nya, dan permasalahannya saya gak tau dimana dia nyimpen cachenya. Ya.. meskipun pada saat nulis artikel ini saya blm memutuskan buat mengimplementasikan advanced cache-nya (nanti dulu ah.. lieur).

Sebagai pengingat di kemudian hari, cara2 meng-advance-kan sistem cache silverstripe bisa dilihat di :

http://doc.silverstripe.org/staticpublisher

saya googling dan nemuin artikel buat menentukan custom TEMP_FOLDER dengan cara menambahkan file _ss_environment.php. Dan ada info bahwa secara default silverstripe menyimpan cache di folder yang namanya silverStripe-cache, perintah ini dapat dilihat di sapphire\core\core.php, bisa disearch di function getTempFolder(), line 179 (Silverstripe 2.3.7). Tapi permasalahannya, saya gak punya folder silverStripe-cache!! Lalu saya scroll core.php ke bawah dan ada tulisan di line 213 :

if(!$worked) {
user_error(“Permission problem gaining access to a temp folder. ” .
Please create a folder named silverstripe-cache in the base folder ”  .
“of the installation and ensure it has the correct permissions”, E_USER_ERROR);
}

Entah kenapa error tsb gak keluar pada saat buka web, tapi ya saya bikin aja folder silverstripe-cache di “site root“-nya. Jelas, asalnya tuh folder kosong, lalu saya lakukan “?flush=1” dan viola!! Saya cek tuh folder silverstripe-cache yang tadinya kosong, dan tiba2 penuh dengan file cache!! Ajaib emang silverstripe… 😉

NB : Nemuin info juga, buat merefresh semua cache, bisa dihapus semua isi folder silverstripe-cache dan lakukan “?flush=1“.

Hope this usefull… 😉

